Cara Ampuh Menulis Artikel SEO Yang Belum Anda Ketahui

Banyak blogger yang tahu cara menulis artikel secara lancar dan teratur, tapi tidak banyak yang tahu cara menulis artikel tentang SEO. Banyak tips-tips tentang cara menulis artikel yang SEO di internet, tapi tidak semuanya bisa diaplikasikan dan ada beberapa bahkan yang sudah outdated dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, utamanya Google. Pada kesempatan ini saya akan membagikan tentang Cara Ampuh Menulis Artikel SEO Yang Belum Anda Ketahui. 



1. Utamakan Pengalaman Pengguna.

Poin ini saya masukkan sebagai poin pertama karena saya anggap sebagai elemen paling penting dalam menulis artikel SEO. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak berbuhungan dengan pengalaman pengguna. Maksud dari pengalaman pengguna di sini adalah aktivitas dan respon user ketika mereka menjelajahi blog kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, bagian-bagian web mana yang mereka klik, dan sebagainya.

Logikanya, semakin lama dan betah mereka di suatu web, maka makin berkualitas isi dari web tersebut.
2. Menggunakan Keyword Pada Artikel Anda.
Ini wajib dilakukan jika Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk menentukan topik suatu artikel. Peletakan keyword yang paling baik pada title adalah yang diawal kata. Makin ke kiri (ke awal kata) makin baik.Tapi hal ini bukan suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan keseluruhan title agar tetap enak dibaca dan mengundang klik.
3. Menulis Artikel Dengan Panjang Dan Dalam.
Kalau Anda bisa menulis artikel yang panjang dengan tetap mengutamakan pengalaman pengguna maka tentu saja itu lebih bagus. Namun jika Anda bersikeras menulis artikel panjang hanya untuk memenuhi target SEO (dengan isi artikel acak-acakan dan muter-muter) saya rasa cara Anda tersebut tidak akan efektif.
4. Menggunakan Link Antar Halaman.
Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna. Jika Anda merasa 10 internal link per post tidak akan menyakiti mata pembaca Anda maka silahkan saja.Jika ada yang bilang internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per post maka abaikan saja, pasti yang ngasih saran kurang update ilmu SEOnya. Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut.
5. Jangan Mengkhawatirkan Keyword Density.

Keyword density adalah intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel. Jika dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang menyarankan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya Anda tidak perlu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup pintar untuk mendeteksi kualitas dari sebuah artikel.
6. Memasukkan LSI (Latent Semantic Indexing) Keyword.

Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa di bilang hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama. Untuk mencari keyword-keyword LSI Anda bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEO processor.
7. Jangan Terlalu Memakai Bold, Italic, Dan Underline.


Menggunakan tanda bold (garis tebal), italic (garis miring) dan underline (garis bawah) fungsinya untuk membantu search engine mengenali kata-kata yang penting di artikel kita.Tapi dalam prakteknya, banyak yang menggunakannya secara berlebihan dan mengaplikasikannya hanya pada keyword-keyword yang di bidik saja. Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja. Kalaupun untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic biasanya digunakan pada istilah-istilah asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. Anda bisa mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap memperhatikan segi pengalaman pengguna.

8. Gunakan URL Yang Singkat Dengan Mengandung Keyword Utama.
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya variasi keyword, tapi yang mudah dideteksi oleh search engine apa yang menjadi topik utama artikel tersebut. Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama akan lebih susah bersaing.

9. Memakai Image (Gambar) 
Google tidak bisa membaca file gambar (image), maka disini penggunakan attribut alt diperlukan sebagai pengganti untuk menjelaskan isi file image ke robot yang melakukan crawling di halaman tersebut. Jika gambar Anda cuma 1-2 file dalam 1 artikel tentu tidak masalah, tapi jika file gambar Anda cukup banyak sebaiknya Anda memvariasikannya dengan keyword-keyword longtail dan LSI. Juga tambahkan kata-kata seperti gambar, images, pic of atau foto di depan keyword agar lebih natural dan tidak keyword stuffing.

10. Memakai Variasi Keyword.
Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI,  yang saya maksud dengan variasi keyword disini adalah penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal di sekitar artikel. Contoh :

Keyword : cara membuat blog gratis
Tentu saja anda tidak bisa mengaplikasikan model kalimat diatas dalam satu paragraf saja karena akan menjadi keyword stuffing. Sebar ke dalam beberapa paragraf dan artikel anda akan menjadi lebih SEO dengan variasi keyword yang natural. Semoga Anda bisa mengerti poin yang ingin saya sampaikan disini.
Demikianlah beberapa Cara Ampuh Menulis Artikel SEO Yang Belum Anda Ketahui, semoga setelah membaca artikel diatas menambah pengetahuan dan wawasan kita dan semoga bermanfaat.

Kesimpulan : 
Menulis artikel yang SEO friendly untuk menarik perhatian mesin pencari itu bagus, karena bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog Anda. Tapi jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page untuk artikel SEO. Tulislah artikel yang memberikan value (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang saya sebutkan diatas.

Related : Cara Ampuh Menulis Artikel SEO Yang Belum Anda Ketahui

0 Komentar untuk "Cara Ampuh Menulis Artikel SEO Yang Belum Anda Ketahui"