Keketuaan ASEAN

Pengaturan giliran menjadi ketua ASEAN
Berdasarkan Piagam ASEAN, Ketua ASEAN digilir setiap tahun berdasarkan urutan abjad nama negara anggota ASEAN dalam bahasa Inggris

Keketuaan ASEAN enam tahun terakhir :
2011 (Indonesia)
2012 (Kamboja)
2013 (Brunei)
2014 (Myanmar)
2015 (Malaysia)
2016 (Laos)

Peran Ketua ASEAN
Ketua ASEAN berperan sebagai penanggung jawab penyelenggaraan pertemuan, antara lain : KTT ASEAN, Dewan Koordinasi ASEAN, Dewan Masyarakat ASEAN, dan Badan Sektoral ASEAN.

Tema dan logo keketuaan ASEAN tahun 2016
Tema keketuaan  ASEAN tahun 2016 yang dijabat oleh Laos adalah Turning Vision info Reality for a Dinamic ASEAN Community. Laos memiliki visi untuk mempersempit kesenjangan pembangunan diantara para anggota, seraya melanjutkan capaian-capaian yang telah diraih ASEAN. Laos juga akan memulai implementasi visi masyarakat ASEAN 2025 dan cetak biru terkait masyarakat politik-keamanan, masyarakat ekonomi dan masyarakat sosial budaya yang diadopsi pada KTT ke-27 ASEAN pada bulan November 2015.


Logo tersebut menampilkan 10 lingkaran yang saling terhubung, berbentuk mata dan jabatan tangan yang mengelilingi logo ASEAN, melambangkan ikatan dalam masyarakat ASEAN. Gambar mata mewakili visi masyarakat ASEAN 2025. Jabatan tangan mencerminkan harmoni, solidaritas, kemitraan serta aspirasi negara-negara anggota ASEAN untuk memperkuat dan mensejahterakan masyarakat ASEAN melalui implementasi visi masyarakat ASEAN 2025. Warna-warna pada logo adalah merah (keteguhan dan dinamika), kuning (kesejahteraan), biru (perdamaian dan stabilitas), hijau (pertumbuhan dan harmoni) dan jingga (kehangatan dan kebahagiaan).

Related : Keketuaan ASEAN

0 Komentar untuk "Keketuaan ASEAN"